Pengantar
Microsoft Word adalah aplikasi pengolah kata yang
memungkinkan Anda membuat berbagai dokumen , termasuk surat,
resume, dan lainnya. Dalam pelajaran ini, Anda akan belajar cara
menavigasi antarmuka Word dan menjadi akrab dengan beberapa fitur
terpentingnya, seperti Ribbon , Quick Access Toolbar ,
dan tampilan Backstage .
Antarmuka Word 2016 |
Tonton video di bawah ini untuk menjadi lebih akrab dengan Word.
Tentang
tutorial ini
Prosedur dalam tutorial ini akan berfungsi untuk semua
versi terbaru Microsoft Word , termasuk Word 2019 , Word 2016 ,
dan Office 365 . Mungkin ada sedikit perbedaan, tetapi
sebagian besar versi ini serupa. Namun, jika Anda menggunakan versi
yang lebih lama , Anda mungkin ingin merujuk ke salah satu tutorial
Word kami yang lain .
Antarmuka
Word
Saat Anda membuka Word untuk pertama kalinya, Layar Mulai akan
muncul. Dari sini, Anda dapat membuat dokumen baru ,
memilih template , dan mengakses dokumen yang baru
saja diedit . Dari Layar Mulai , cari dan
pilih Dokumen kosong untuk mengakses antarmuka Word.
Membuat dokumen kosong baru |
Klik tombol di interaktif di bawah ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang antarmuka Word.
Antarmuka Word 2016 |
Bekerja
dengan Microsoft Word
Semua versi Word terbaru menyertakan Ribbon dan Quick
Access Toolbar , tempat Anda akan menemukan perintah untuk melakukan
tugas umum di Word, serta Backstage View.
Ribbon (Pita)
Word menggunakan sistem Ribbon (Pita) alih-alih menu
tradisional. The Ribbon berisi beberapa tab ,
yang dapat Anda temukan di dekat bagian atas jendela Word.
Tab pada Ribbon (Pita) |
Setiap tab berisi beberapa kelompok perintah terkait . Misalnya, grup Font pada tab Beranda berisi perintah untuk memformat teks dalam dokumen Anda.
Grup Font pada tab Beranda |
Beberapa grup juga memiliki panah kecil di sudut kanan bawah yang dapat Anda klik untuk opsi lainnya.
Mengklik panah untuk melihat lebih banyak perintah grup |
Menampilkan
dan menyembunyikan Pita
Jika Anda menemukan bahwa Pita memakan terlalu banyak ruang layar,
Anda dapat menyembunyikannya. Untuk melakukan ini, klik panah Opsi
Tampilan Pita di sudut kanan atas Pita, lalu pilih opsi
yang diinginkan dari menu tarik-turun:
Menyembunyikan Ribbon (Pita) |
- Pita Sembunyikan Otomatis : Sembunyikan otomatis menampilkan dokumen Anda dalam mode layar penuh dan sepenuhnya menyembunyikan Pita dari pandangan. Untuk menampilkan Ribbon, klik perintah Expand Ribbon di bagian atas layar.
- Tampilkan Tab : Opsi ini menyembunyikan semua grup perintah saat tidak digunakan, tetapi tab akan tetap terlihat. Untuk menampilkan Ribbon, cukup klik tab.
- Show Tabs and Commands : Opsi ini memaksimalkan Ribbon. Semua tab dan perintah akan terlihat. Opsi ini dipilih secara default saat Anda membuka Word untuk pertama kalinya.
Untuk mempelajari cara menambahkan tab dan perintah
khusus ke Pita, tinjau Ekstra kami tentang Menyesuaikan Pita .
Menggunakan
fitur Tell me feature (Beri tahu saya)
Jika Anda kesulitan menemukan perintah yang Anda inginkan,
fitur Tell me (Beritahu Saya) dapat membantu. Ini berfungsi seperti
bilah pencarian biasa. Ketik apa yang Anda cari, dan daftar opsi akan
muncul. Anda kemudian dapat menggunakan perintah langsung dari menu tanpa
harus menemukannya di Ribbon.
Mencari perintah dengan fitur Tell me feature (Beritahu Saya) |
Quick Access Toolbar (Bilah
Alat Akses Cepat)
Terletak tepat di atas Ribbon, Quick Access Toolbar memungkinkan
Anda mengakses perintah umum apa pun tab yang dipilih. Secara default, ini
menunjukkan perintah Save , Undo , dan Redo ,
tetapi Anda dapat menambahkan perintah lain tergantung pada kebutuhan Anda.
Untuk menambahkan perintah ke Bilah Alat Akses Cepat:
- Klik panah tarik-turun di sebelah kanan Bilah
Alat Akses Cepat.
Mengklik menu tarik-turun Quick Access Toolbar (Bilah Alat Akses Cepat) - Pilih perintah yang ingin Anda tambahkan dari menu.
Menambahkan perintah Quick Print ke Quick Access Toolbar - Perintah akan ditambahkan ke Quick Access Toolbar.
Perintah Quick Print pada Quick Access Toolbar Quick
Ruler (Penggaris)
The Ruler terletak di bagian atas dan di
sebelah kiri dokumen Anda. Itu membuatnya lebih mudah untuk menyesuaikan dokumen
Anda dengan presisi. Jika mau, Anda dapat menyembunyikan Penggaris untuk
membuat lebih banyak ruang layar.
Untuk menampilkan atau menyembunyikan Penggaris:
- Klik tab Lihat .
- Klik kotak centang di sebelah Ruler untuk menampilkan atau menyembunyikan Ruler.
Tampilan Backstage (belakang panggung)
Tampilan Backstage memberi Anda berbagai
pilihan untuk menyimpan, membuka file, mencetak, dan berbagi dokumen
Anda. Untuk mengakses tampilan Backstage, klik tab File pada Ribbon .
Klik tombol di interaktif di bawah ini untuk mempelajari lebih
lanjut tentang menggunakan tampilan Backstage.
Tampilan
dokumen dan zoom
Word memiliki berbagai opsi tampilan yang mengubah cara dokumen
Anda ditampilkan. Anda dapat memilih untuk melihat dokumen Anda
dalam Mode Baca , Tata Letak Cetak ,
atau Tata Letak Web . Tampilan ini dapat berguna untuk
berbagai tugas, terutama jika Anda berencana untuk mencetak dokumen. Anda
juga dapat memperbesar dan memperkecil untuk membuat dokumen
Anda lebih mudah dibaca.
Beralih
tampilan dokumen
Beralih di antara tampilan dokumen yang berbeda itu mudah. Cukup cari dan pilih perintah tampilan dokumen yang diinginkan di sudut kanan bawah jendela Word.
- Read Mode : Tampilan ini membuka dokumen ke layar penuh. Tampilan ini sangat bagus untuk membaca teks dalam jumlah besar atau sekadar meninjau pekerjaan Anda.
- Tata Letak Cetak : Ini adalah tampilan dokumen default di Word. Ini menunjukkan seperti apa dokumen itu pada halaman yang dicetak.
- Tata Letak Web : Tampilan ini menampilkan dokumen sebagai halaman web, yang dapat membantu jika Anda menggunakan Word untuk menerbitkan konten secara online.
Memperbesar
dan memperkecil
Untuk memperbesar atau memperkecil, klik dan seret penggeser
kontrol zoom di sudut kanan bawah jendela Word. Anda juga dapat
memilih + atau - perintah untuk
memperbesar atau secara bertahap. Angka di sebelah penggeser
menampilkan persentase zoom saat ini , juga disebut tingkat
zoom .
Tantangan!
- Buka Word , dan buat dokumen kosong .
- Ubah Opsi Tampilan Pita menjadi Tampilkan Tab .
- Menggunakan Kustomisasi Bilah Alat Akses Cepat , tambahkan Baru , Cetak Cepat , dan Ejaan & Tata Bahasa.
- Di bilah Beri tahu saya , ketik Bentuk dan tekan Enter .
- Pilih bentuk dari menu, dan klik dua kali di suatu tempat di dokumen Anda.
- Tunjukkan Penggaris jika belum terlihat.
- Zoom dokumen menjadi 120%.
- Ubah tampilan Dokumen menjadi Tata Letak Web .
- Setelah selesai, dokumen Anda akan terlihat seperti ini:
- Ubah Ribbon Display Options kembali ke Show Tabs and Commands , dan ubah Document View kembali ke Print Layout .
0 komentar:
Posting Komentar